Rays Wheels

KabarOto.com – Ada berita tidak menyenangkan datang dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Sebab, mereka mengumumkan kampanye perbaikan (field fix campaign) untuk 3 model andalan yang beredar di Indonesia, yaitu Mitsubishi Pajero Super Exceed, Delica, dan Lancer SEi terkait masalah airbag.

Ilustrasi masalah pada Pajero Super Exceed

"Program kampanye peningkatan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkelanjutan dan memberikan jaminan layanan purna jual yang berkualitas untuk memastikan berkendara yang aman dan nyaman bagi pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia," kata Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan & Divisi Pemasaran MMKSI.

Baca Juga: Ini Keuntungan Mitsubishi Fuso Fighter dari Pesaing

Kampanye perbaikan, atau biasa disebut recall ini, diadakan karena ditemukan bahwa kemungkinan Air Inflator Airbag (komponen mekanis dari pengembang kantong udara) dapat pecah, yang menyebabkan bahan komponen memantul. Sehingga berpotensi melukai pengemudi dan / atau penumpang depan saat airbag mengembang saat terjadi tabrakan frontal.

Di Delica terletak di airbag penumpang depan

Penyebab masalah diketahui berasal dari Body Inflator Airbag, yang berpotensi pecah karena bahan kimia pengembang airbag, ammonium nitrate.

Bahan kimia ini akan berubah dalam akumulasi waktu yang lama, sehingga rusak di bawah pengaruh perbedaan suhu dan kelembaban. Karena alasan ini, komponen Airbag Inflator Tubuh baru sebagai pengganti kampanye peningkatan ini telah dikembangkan tanpa menggunakan bahan kimia ini.

Baca Juga: Cilegon Memiliki Potensi Pasar Yang Bagus Untuk Mitsubishi

Kampanye peningkatan ini akan melibatkan model Pajero Sport dengan 62-20 tahun pembuatan pada 2008-2013, Delica pada 2014-2016 sebanyak 996 unit, dan Lancer SEi pada 2006-2012 dengan 220 unit.

Saat dilihat, jenis yang dipengaruhi oleh kampanye saat ini tidak lagi diproduksi. "Konsumen tidak perlu khawatir tentang seluruh proses kepemilikan kendaraan penumpang Mitsubishi, meskipun model kendaraan yang dimaksud tidak lagi secara resmi didistribusikan oleh MMKSI, tetapi komitmen dan tanggung jawab merek kepada konsumen masih dilakukan," kata Irwan.

Lancer juga terletak di airba penumpang depan

Renacananya, MMKSI melalui Mitsubishi light penumpang dan dealer kendaraan komersial di seluruh Indonesia, akan mengirim surat undangan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini tanpa biaya.

Kampanye ini dimulai pada 1 Februari 2019 di semua dealer resmi kendaraan penumpang dan komersial Mitsubishi di Indonesia.

Aktivitas ini memiliki perkiraan pemeriksaan penggantian komponen dengan durasi tiga jam untuk model Pajero Super Exceed dan dua jam untuk Delica dan Lancer SEi.

Konsumen juga dapat menemukan informasi lebih lanjut melalui situs web www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer.