Rays Wheels

KabarOto.com – Pada hari terakhir tes MotoGP resmi Sepang dimulai dengan kejutan, sekarang hampir semua tim balap motor MotoGP 2019 telah mengadopsi sayap atau sayap tambahan di fairing.

Salah satu yang menarik adalah tim Mission Winnow Ducati, yang menampilkan 4 bagian sayap, 2 di kedua sisi motor dengan satu sayap besar tetapi agak kotak.

Baca juga: 2019 Tim MotoGP Ducati Memperkenalkan Diri di Neuchatel

Secara resmi tim Mission Winnow Ducati menggunakan 3 sayap kecil pada sepeda motor

Desain fairing akan menjadi lebih penting musim ini karena aturan baru mencegah penggunaan sistem modular. Hanya satu pembaruan fairing yang akan diizinkan sekali lagi setelah musim.

Ducati bukan satu-satunya tim yang memberikan prototipe pada 2019 untuk melakukan debut publik pada hari terakhir tes MotoGP di Sirkuit Sepang.

Yamaha juga muncul dengan sayap tambahan ini, dengan bentuk sayap sekarang dibagi menjadi dua bagian, di kedua sisi sepeda motor.

Baca juga: Yamaha Memperkenalkan Rossi dan Vinales New Livery Mounts

Sayap tambahan memainkan peran penting dalam mengendarai sepeda motor Rossi

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari winglets atau sayap tambahan?

Winglets atau sayap tambahan berguna untuk memberikan efek tekanan turun atau downforce. Seperti halnya Formula 1, downforce memiliki peran yang sangat penting dalam mobil F1. Nah, jika di MotoGP bermanfaat untuk menjaga motor tetap stabil, akselerasi dan menikung yang cepat membutuhkan tekanan turun yang baik.

Winglet ini berguna untuk memberi tekanan pada bodi motor, sehingga motor tidak mudah mengangkat bagian depan karena tenaga motor yang luar biasa ketika berakselerasi dan bermanuver di tikungan. Namun, untuk Ducati pada 2016, fungsi winglet juga berfungsi untuk mendinginkan mesin.

Baca juga: Tim Suzuki Ecstar Optimis Menghidupkan MotoGP Musim 2019 dengan Sepeda Motor Baru

Tim Ducati adalah yang pertama menggunakan winglet pada tahun 2016

Winglet pertama kali digunakan oleh tim Ducati pada tahun 2016, ternyata penggunaan perangkat ini memberikan efek yang baik pada sepeda motor Ducati. Memberikan keseimbangan terbaik saat melaju, menekuk manuver, hingga akselerasi.

Tetapi kehadiran winglet itu diprotes oleh tim lain, dengan alasan bahwa itu bisa membahayakan pembalap lain di lintasan karena bentuknya yang agak runcing. Hingga akhir musim 2016, Ducati masih menggunakan winglet.

Namun pada tahun 2017, penggunaan winglet dilarang. Namun musim ini, hampir semua tim MotoGP mengadopsi winglet. Tetapi dengan desain yang lebih dinamis, itu tidak seperti kehadiran winglet pada sepeda motor Ducati yang benar-benar terlihat seperti sayap.

Suzuki secara khusus juga merancang winglet, serta KTM yang memulai debutnya menggunakan winglet.

Baca juga: Info Lengkap MotoGP 2019: Nama Pembalap dan Tim Pabrikan