Rays Wheels

Memuat …

JAKARTA – Facebook mengalami gelombang kampanye dalam bentuk penggalangan dana. Polanya cukup sederhana, para aktor akan membuat grup kemudian mereka menambahkan beberapa konten untuk diunggah.

Grup ini cenderung mengikuti templat, dengan permintaan bantuan, dan mengunggah konten uang yang menggambarkan kisah emosional, biasanya tentang anak-anak yang menderita penyakit parah, kemudian diilustrasikan oleh foto dan video yang diposting di halaman grup.

Beberapa posting biasanya menyalin kata-kata dari posting grup penipuan lain. Satu-satunya detail yang berbeda di setiap kelompok adalah nama anak, diagnosis penyakit, dan nama rumah sakit tempat mereka menerima perawatan.

Pihak yang tidak bertanggung jawab akan memberikan perincian tentang bagaimana melakukan transfer bank yang didukung oleh komentar yang cukup hidup dan meyakinkan.

Seringkali informasi kontak dan rincian transfer bank persis sama dalam beberapa kelompok, yang merupakan indikator penipuan yang paling dapat diandalkan dan harus mudah diketahui.

Lalu bagaimana caranya agar tidak ditipu seperti ini?

Perusahaan keamanan cyber Rusia Kaspersky merincinya.

Dalam pernyataan resmi, Sabtu (21/9/2019) Kaspersky menyusun daftar instruksi sehingga pengguna dapat mempertimbangkan kampanye penggalangan dana asli atau palsu sebagai berikut:

Kelompok Usia dan Isi Konten
Jika grup tersebut baru berumur beberapa minggu dan hanya memuat sekitar tiga unggahan, tetapi telah dilihat dan diunggah ribuan kali, kemungkinan besar grup itu dijalankan oleh penipu.

Komunitas asli akan membutuhkan waktu untuk berkembang, dan pengurus kelompok asli selalu memberikan informasi yang jauh lebih banyak.

Tekanan Bagi Anda Untuk Merasakan Iba
Penggunaan video emosional, ketersediaan foto berkualitas rendah, ayat-ayat sedih, dan jumlah teks yang menggunakan huruf kapital dan tanda seru telah dirancang untuk membuat pengguna bertindak secara spontan tanpa berpikir kritis tentang kebenaran cerita.

Menurut Kaspersky, organisasi asli biasanya tidak menggunakan tindakan seperti itu, karena bagi mereka lebih penting untuk membangun hubungan saling percaya dengan kesukarelaan dan dapat terus memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan secara berkelanjutan.

Karenanya, komunitas akan memberi tahu pasien mereka & # 39; cerita dalam bahasa yang sederhana, tanpa daya tarik emosional yang kuat, dan memberikan deskripsi terperinci tentang bagaimana perawatan bekerja dan bagaimana mereka menggunakan uang yang telah mereka terima.

Di sisi lain, penipu memiliki keinginan untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin sebelum kelompok ditutup, sehingga mereka menggunakan tekanan emosional.

"Semakin tergesa-gesa, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memverifikasi apakah kampanye itu asli atau tidak. Jika ada permintaan dana seperti itu, berhati-hatilah karena itu bisa menjadi tanda yang mencurigakan," kata Kaspersky.

Tidak Dilengkapi dengan Dokumentasi Pendukung

Secara umum, penipu tidak akan memiliki jejak laporan atau catatan medis lainnya. Sekalipun tersedia, pengguna harus membacanya dengan cermat dan memastikan dokumen tersebut cocok dengan detail permintaan bantuan.

Asumsi Untuk Pertanyaan Klarifikasi

Adalah normal bagi orang yang peduli untuk meminta informasi lebih rinci dari administrator grup. Minta pembaruan tentang kondisi anak, informasi tentang penyakit dan perawatannya, bahkan nama dokter dan perawat mereka. Di grup penipuan, komentar ini akan dihapus dengan sangat cepat, dan pengguna yang mengirim komentar akan diblokir.

Situs Web Yayasan

Biasanya tautan yang menunjuk ke situs web resmi organisasi amal akan ditampilkan pada halaman grup curang. Ini adalah cara bagi penipu untuk meningkatkan kepercayaan pengguna dengan menunjukkan grup tidak hanya di Facebook.

"Jika Anda mengunjungi situs web, kami tidak menyarankan memasukkan informasi tanpa jelas," kata Kaspersky.

Untuk alasan ini, pengguna diminta untuk mencatat tanggal pembaruan terkini, dan juga memverifikasi bahwa situs web tersebut berisi laporan pendapatan dan pengeluaran mereka.

Selain itu, yayasan amal didorong untuk mempublikasikan informasi ini. Jika situs web mengumpulkan uang tetapi tidak melaporkan keuangannya, organisasi tidak dapat dipercaya.

Menjangkau Tapi Tetap Berpikir Kritis

Keinginan untuk membantu orang lain adalah dorongan yang luar biasa. Namun, seperti semua hal lain dalam hidup, Anda akan lebih bermanfaat bagi orang lain jika Anda tidak bertindak impulsif, dan terus berpikir kritis.

Untuk memastikan bahwa uang yang disumbangkan benar-benar digunakan dengan tepat dan tidak masuk ke kantong si penipu, luangkan sedikit waktu untuk memverifikasi kisah di balik setiap permintaan penggalangan dana yang diterima.

Cara terbaik adalah menyumbang ke yayasan amal yang dikenal dan bukan kepada individu. Dengan begitu, pengguna dapat yakin bahwa dana yang disumbangkan telah sampai ke tangan kanan.

(wbs)