Rays Wheels

memuat …

JAKARTA – PT. Ketrosden Triasmitra melalui anak perusahaannya PT Triasmitra Multiniaga Internasional (PT. TMI) terus memperkuat posisinya di pasar Kabel Berlabel Terikat Nasional.

Ini bisa dilihat dari keberhasilan PT. TMI baru-baru ini berhasil menyelesaikan perbaikan (restorasi) kabel laut XL Axiata di perairan Pulau Bawean hanya dalam 10 hari, dari komitmen 22 hari ketika diperbaiki, karena Purchase Order (PO) adalah diterima.

"Sejak 2007, Triasmitra telah memiliki reputasi yang andal dalam melakukan pemulihan kabel laut operator utama di Indonesia baik di laut dangkal maupun laut dalam dengan waktu perbaikan lebih cepat daripada Service Level Agreement (SLA) yang telah ditentukan," kata CEO Ketrosden Triasmitra, Titus Dondi Patria A.

Dia menjelaskan, SLA untuk restorasi kabel laut adalah maksimal 30 hari untuk perairan Indonesia, dan maksimal 48 hari untuk wilayah di luar perairan Indonesia. "Dalam restorasi Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) XL Axiata, kami bisa melakukannya lebih cepat daripada SLA yang ditentukan," katanya.

Dia mengatakan, selain layanan restorasi kabel laut, Triasmitra kini telah memperluas layanan Layanan Terkelola untuk mencegah kerusakan kabel laut. Layanan manajemen kabel laut Triasmitra dibagi menjadi dua:

1. Perawatan Preventif
Layanan ini termasuk Sistem Patroli Laut Kabel dan Sistem Pemantauan Kabel Laut

2. Pemeliharaan Korektif
Layanan ini termasuk Marine Cable Restoration dan penyediaan kapal siaga untuk
restorasi

Untuk melaksanakan Pemeliharaan Preventif, dalam bentuk patroli SKKL, Triasmitra telah membangun 10 Base Camp yang dilengkapi dengan kapal patroli dan tim patroli. Patroli laut dilakukan secara teratur di sepanjang garis SKKL di area Guard Zone (500 m dari
kiri dan 500 m dari kanan garis kabel) atau di area yang berpotensi terjadi sering kali kabel putus hingga 140 km dari lokasi BMH.

Untuk melaksanakan Pemeliharaan Pencegahan, yang dalam bentuk pemantauan SKKL, Triasmitra memonitor tim patroli kabel laut dan memantau pergerakan kapal yang bergerak di sekitar lokasi kabel optik laut selama 7 x 24 jam dan di lokasi yang rentan untuk memberikan peringatan langsung. .

Dalam melaksanakan Preventive Maintenance ini, Triasmitra telah menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama dengan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI).

Kolaborasi antara Triasmitra dan Bakamla adalah dalam hal pengawasan / pemantauan SKKL yang, antara lain, dilakukan oleh patroli bersama untuk melakukan sosialisasi di daerah-daerah di mana sering terjadi kerusakan pada kabel laut optik karena paparan jangkar. Selain itu kerja sama juga dilakukan dalam proses tindakan hukum jika itu terjadi
kerusakan pada kabel laut.

Pemeliharaan Preventif Kabel Laut ini berlaku untuk operator yang menggunakan Triasmitra dan kabel laut yang dimiliki oleh operator lain.

Saat ini Triasmitra telah dipercaya oleh Indosat Ooredoo untuk layanan Layanan Terkelola SKKL di Selat Sunda dan perairan Ancol, dan PT. Palapa West Ring untuk SKKL Managed Service Palapa West Ring.

Untuk Pemeliharaan Korektif, Triasmitra memiliki rekam jejak yang baik, di mana pada tahun 2008, 2013, 2015 dan 2018 Triasmitra telah berhasil memperbaiki kabel laut XL Axiata sesuai dengan SLA yang ditentukan. Karena reputasinya, Triasmitra telah dipercaya oleh XL Axiata untuk memperbaiki kabel laut XL Axiata di perairan Bawean baru-baru ini, dan perbaikan dapat dilakukan lebih cepat daripada SLA yang ditentukan.

"Pemeliharaan Preventif dan Korektif untuk layanan Layanan Triasmitra Managed semakin memperkuat posisi Triasmitra sebagai perusahaan yang dapat diandalkan dalam menyediakan layanan Layanan Dikelola," kata Titus.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengaku puas dengan kinerja Triasmitra di
memelihara infrastruktur.

"Kami puas dengan kecepatan dan kualitas layanan restorasi kabel laut dari Triasmitra." Prestasi ini membuat XL lebih nyaman dalam mempercayakan perbaikan kabel optiknya ke Triasmitra, "kata Yessie.

(wbs)