Rays Wheels

Jakarta – Tahun 2018 adalah tahun yang cukup meriah bagi dunia otomotif Indonesia. Berbagai agenda bertema otomotif dianggap cukup sukses untuk menarik perhatian banyak kelompok. Lalu bagaimana cara memantau tren berita mengenai merek otomotif sepanjang 2018?

PT Binokular Media Utama sebagai salah satu perusahaan media pemantauan dan penelitian media terbesar di Indonesia, tergerak untuk melakukan penelitian berita di sektor otomotif sepanjang tahun 2018. Pengumpulan data dilakukan yang meliputi 248 media cetak, 404 media online, dan juga 24 TV dan Stasiun Radio.

Hasil pemantauan liputan media massa oleh Tim Binokular menunjukkan bahwa total penyebutan merek otomotif selama periode 2018 adalah 157.408 kali dari 22 merek yang dipantau. Merek yang paling mendominasi berita selama 2018 adalah Toyota dengan jumlah penyebutan dalam berita sebanyak 36.106 kali atau mencapai 22,94% dari penyebutan merek secara keseluruhan di sejumlah media massa.

Merek Suzuki berada di peringkat kedua dengan jumlah sebutan 22.725 kali (14,44%). Posisi ketiga adalah Mitsubishi dengan 18.855 menyebutkan (11,98%).

Selanjutnya, posisi ke-4 ke-6 berturut-turut adalah Honda (Mobil) dengan 16.641 kali (10,57%), Daihatsu disebut 13.504 kali (8,58%) dan Nissan disebut 10.579 kali (6,72%). Sedangkan untuk peringkat ke-7 sampai ke-22 terdiri dari merek yang disebut kurang dari enam ribu kali atau kurang dari 4,00% dari total penyebutan merek otomotif selama periode 2018.

Diantaranya, yaitu pada posisi 7 hingga 10, yaitu BMW dengan 5.456 menyebutkan (3,47%), Datsun disebut 4.341 kali (2,76%), Wuling disebut 4.084 kali (2,59%) dan Mercedes Benz yang disebut 3.919 kali (2,49%) .

Kemudian, posisi 11 hingga 15 ditempati oleh Isuzu disebut 2,792 kali (1,77%), Hyundai disebut 2.531 kali (1,61%), Mazda disebut 2.530 kali (1,61%), Ford disebut 2.124 kali (1,35%) dan DFSK disebut 2.059 kali (1,31%). Selanjutnya, posisi 16 ke 22 masing-masing, yaitu merek KIA yang disebut 1.733 kali (1,10%), Audi disebut 1.721 kali (1,09%), Volkswagen / VW disebut 1.662 kali (1,06%), Renault disebut 1.617 kali (1,03%), Chevrolet disebut 1,611 kali (1,02%), Peugeot disebut 553 kali (0,35%) dan Mini disebut 265 kali (0,17%).

Ada catatan khusus, terutama dari persaingan di kelas MPV rendah yang sangat ketat sepanjang tahun 2018. Berdasarkan hasil pemantauan Binokular, kategori media massa merek Middle Middle MPV selama periode 2018 didominasi oleh Avanza yang merupakan disebut sebagai 7.682 kali, perbedaan tipis dengan Ertiga disebut 7.601 kali dan Xpander disebut 7.588 kali.

Di posisi ke-4 yaitu Xenia yang disebut 3.404 kali, Mobilio disebut 2.069 kali dan Livina disebut 906 kali.

Gam, Istimewa, Youtube: Otomotifmagz.com

Tonton video Youtube kami yang lain:

Seperti ini:

Seperti Memuat …