Rays Wheels

KabarOto.com – Acara uji coba wartawan menguji mobil elektrifikasi Toyota, membuat KabarOto puas mencoba berbagai line-up mobil hybrid, termasuk plug-in hybrid andalannya, Prius PHEV.

Mendarat di bandara Banyuwangi, Blimbingsari pada siang hari. KabarOto langsung pergi ke area makan siang untuk menemui sekelompok wartawan yang telah tiba lebih dulu.

Tujuan pertama langsung ke Taman Nasional Baluran, untuk sesi foto. Unit pertama yang mencoba adalah Toyota Prius PHEV biru metalik. Awalnya, mitra media yang menyetir lebih dulu. KabarOto akan duduk sebagai navigator, sambil melihat peta perjalanan dan rute.

Baca juga: Test Drive – All New Toyota Camry 2.5 V dan Hybrid

Garis-garis desain bodi dibuat seautodinamik mungkin sehingga hambatan udara minimal

Sekaligus, jelajahi fitur apa yang memudahkan penumpang. Yang pertama paling terlihat adalah kabin depan yang luas, sehingga KabarOto yang memiliki postur 172 cm dengan berat 80 kg, mudah untuk menemukan posisi duduk yang ideal.

Enak lagi adalah jumlah penyimpanan untuk menyimpan berbagai keperluan di sepanjang jalan. Tempat gelas untuk meletakkan botol minuman ada di trim pintu, ditambah masih ada 2 lagi di konsol tengah.

Kursi belakang hanya untuk 2 orang, dilengkapi sandaran tangan dengan tempat gelas

Bergerak untuk duduk di kursi belakang masih terasa lapang. Selain itu, makanan ringan dan minuman ringan telah disediakan di lengan tengah, yang juga memiliki 2 tempat gelas.

Tetapi sensasi nyata ketika mengubah Prius PHEV adalah mengemudi. Sebelumnya, KabarOto telah mencoba Prius generasi ke-2 dengan mesin 1.500cc, juga Prius generasi ke-3 dengan mesin 1.800 cc, tentu saja keduanya dibantu oleh motor listrik.

Lubang penutup tangki di sisi kanan untuk soket pengisian listrik

Sekarang Prius PHEV menyediakan sesuatu yang berbeda, karena memiliki nama Plug-in Hybrid, yang berarti Prius generasi keempat ini dapat dihubungkan ke soket daya eksternal, untuk mengisi ulang data baterai.

Nuansa dashboard dengan speedometer memanjang, tidak terlalu banyak perubahan dengan generasi sebelumnya. Semua informasi tentang mesin lengkap disajikan. Mulai dari konsumsi bahan bakar, jarak tempuh atau fungsi hiburan.

Belum lagi, karakteristik mengendarai Prius adalah Anda harus terbiasa dengan batang longitudinal ketika melihat kaca spion, ketika Anda ingin mengintip bagian belakang. Ditambah tuas transmisi mungil dan unik di sisi tengah dashboard, yang membaca posisi roda gigi mulai dari R, N, D, dan B.

Jadi, dimana P?

Ternyata untuk parkir, cukup tekan tombol di sebelah tuas transmisi. Dia menangis, mobil listrik pintar ini akan selalu memprioritaskan mesin motor listrik untuk selalu bekerja, guna meminimalkan emisi dari mesin bensin.

Baca juga: Ternyata ini adalah Biaya Pemeliharaan Toyota C-HR Hybrid

Karena itu, diundang untuk berlayar dan berjalan santai ke Baluran, KabarOto telah mencatat angka konsumsi 3,8 liter per 100 km. Alias ​​per liter bahan bakar dapat menempuh jarak hingga 26,3 km. Meski begitu, terkadang mobil diparkir dalam kondisi mesin menyala.

Saat yang paling menyenangkan dari Bedugul ke Jimbaran, rutenya lebih datar dan datar. Indikator konsumsi Prius PHEV hanya menunjukkan angka 0,8 L / 100 km alias 1 liter bensin bisa menempuh hingga 125 km!

Baca juga: Jajal Toyota Mobil Hibrid Di Sepanjang Banyuwangi Ke Bali, Usir Pelanggan & # 39; Khawatir

Ini karena jalan menurun, mesin bensin hampir tidak pernah menyala dan Prius PHEV hanya menggunakan motor listrik untuk menggerakkan mobil. Ditambah sistem pengereman regeneratif, yang membuat Prius selalu mengisi ulang baterai saat pedal rem diinjak.

Tarikannya terasa hebat, meski sekilas tenaganya tidak terlalu besar, di kisaran 121 hp (kombinasi mesin bensin dengan motor listrik). Tapi yang mengasyikkan adalah torsi 250 Nm. Alhasil, menginjak pedal gas sedikit, tidak butuh waktu lama bagi Prius PHEV untuk berakselerasi.