Rays Wheels

memuat …

JAKARTA – 2018 menjadi fondasi yang sangat kuat bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk melihat tahun-tahun berikutnya dalam pertempuran di pasar otomotif nasional.

Di bawah kendali Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI, yang menekankan pentingnya layanan purna jual setelah keberhasilan penjualan Mitsubishi Xpander, akhirnya raksasa otomotif Jepang ini mencatat penjualan terbaik dalam sejarahnya di negara ini.

"Keberhasilan penjualan Xpander harus diatasi dalam persiapan untuk memberikan layanan purna jual terbaik. Karena banyak yang sebelumnya tidak memiliki kendaraan Mitsubishi, sekarang mereka menggunakan Xpander. Kepercayaan ini harus dibayar dengan pengalaman yang baik selama mereka menggunakan Mitsubishi, terutama layanan purna jual, "kata Irwan.

Distributor resmi kendaraan penumpang dan kendaraan komersial ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mencatat penjualan kendaraan ritel sebanyak 146.805 unit sepanjang 2018. Angka penjualan naik lebih dari 84% dibandingkan dengan pencapaian pada periode sebelumnya.

Serta meningkatkan persentase pangsa pasar kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia menjadi 14,2%. "Ini adalah penjualan terbaik di Indonesia," katanya.

Prestasi ini disumbangkan oleh jalur kendaraan penumpang Mitsubishi 98.964 unit dan jalur kendaraan komersial ringan 47.841 unit. Kontribusi signifikan diberikan oleh segmen kendaraan penumpang Mitsubishi yang naik lebih dari 174% dari periode sebelumnya. Dan seperti dapat diduga, pencapaiannya didominasi oleh penjualan model Xpander yang sangat baik.

"Kontribusinya (Xpander) adalah lebih dari 70% dari total penjualan. Kami berterima kasih kepada konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dan produk perdagangan ringan di Indonesia atas kepercayaan yang telah diberikan sejauh ini," kata Irwan lagi.

Jumlah penjualan juga karena loyalitas calon pelanggan menunggu kedatangan Xpander di garasinya. Bagaimana tidak, selama berbulan-bulan mereka menunggu MPV impian mereka, tetapi banyak yang masih menunggu.

"Selama berbulan-bulan kami telah menunggu sejak indent, tetapi Mitsubishi Xpander sepadan dengan menunggu. Selain itu, dealer memberikan pendekatan pribadi selama masa tunggu," kata Budi, salah satu pengguna Mitsubishi Xpander ketika melakukan layanan rutin di salah satu Dealer Mitsubishi Motors di angka Tebet, Jakarta Selatan.

Layanan purnajual, tentu saja, melibatkan layanan layanan di bengkel resmi Mitsubishi Motors di seluruh pelosok negara. Karena itu, mereka secara agresif menyulap para dealer yang ada menjadi 3S.

Nah, masih terkait dengan workshop, PT MMKSI berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang purna jual, yaitu teknisi. Salah satunya meningkatkan Mitsubishi Regional Training Center (MRTC).

Ada delapan MRTC yang tercatat di Indonesia. Sebelumnya, MRTC telah didirikan di Medan, Palembang, Cikarang, Kebumen, Mojokerto, Makassar dan Banjarbaru. Pusat Pelatihan yang baru memberikan komitmen Mitsubishi dalam memastikan kepuasan pelanggan. "Perusahaan terus meningkatkan jaringan dealer standar Mitsubishi di seluruh nusantara, sehingga kami membutuhkan tenaga kerja yang profesional dan andal," tambah Irwan.

Apa yang diberikan oleh manajemen MMKSI adalah buah manis untuk pelanggan. MMKSI kembali mencapai pencapaian maksimal dalam survei yang dilakukan oleh JD Power mengenai tingkat kepuasan pelanggan.

Tahun lalu pabrikan mendaftarkan diri sebagai nomor satu dalam Indeks Kepuasan Penjualan (SSI) 2017, sekarang Mitsubishi telah menjadi yang terbaik untuk Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI) 2018. MMKSI memenangkan skor tertinggi untuk layanan purna jual di Indonesia dalam sebuah studi yang dilakukan oleh JD Power pada 2.827 responden pemilik kendaraan yang melakukan pembelian pada periode Maret 2015-Juli 2017, dan kendaraan servis di dealer pada Maret 2017-Juli 2018.

Sebelumnya, prestasi ini juga diraih oleh Mitsubishi pada 2011, 2012 dan 2014. Mitsubishi Motors mendapat peringkat tertinggi di antara merek otomotif lainnya, dengan skor 817 poin. Ada lima faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan ketika melakukan perbaikan kendaraan di dealer, yaitu kualitas layanan (24%), inisiasi layanan (20%), pengambilan kendaraan yang dapat diservis (19%), penasihat layanan (19%), dan fasilitas layanan ( 18%).

Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1.000 poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi. Upacara penghargaan tersebut diserahkan oleh Kaustav Roy, Direktur Regional Praktek Otomotif JD Power, dan diterima oleh Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI di Kantor MMomas Pulsa PT MMKSI, Jakarta, pada hari Rabu, 24 Oktober 2018.

"Kami berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik bagi setiap konsumen dalam seluruh proses kepemilikan kendaraan Mitsubishi, mulai dari penjualan, layanan, hingga suku cadang, yang mengarah pada kepercayaan dan kesetiaan terhadap merek Mitsubishi Motors secara keseluruhan," kata Irwan.

Dapatkan Garuda Indonesia Trust

Di luar layanan purna jual, masalah ketangguhan dan kenyamanan Mitsubishi Xpander juga dapat diandalkan. Ini bisa dilihat dari keputusan PT Garuda Indonesia Tbk untuk memilih Xpander sebagai kendaraan awak kabinnya.

"Kesempurnaan layanan kami di pesawat dimulai dari kenyamanan kru maskapai selama perjalanan ke bandara. Jika kenyamanan maksimal, layanan mereka kepada penumpang di kabin pesawat juga maksimal. Dengan fitur yang tersedia, mereka nyaman di kabin mobil Xpander. Keluar dari mobil, walaupun macet, mereka akan tetap terlihat cerah, "kata Ari Askhara, Presiden Direktur PT Garuda Indonesia Tbk.

Di sisi lain, kesuksesan Mitsubishi Xpander juga menyebabkan persaingan tidak sehat. Banyak berita berhembus bahwa mobil dengan penggerak roda depan tidak bertenaga, bahkan tidak tangguh di tanjakan.

Menanggapi tuduhan miring, PT MMKSI mengadakan kampanye Xpander berjudul Xpander Ton Real Happiness. Menggunakan ilustrasi seberapa kuat mobil itu membawa komedi sebagai simbol kebahagiaan, Xpander membuktikan dirinya mampu menaklukkan medan curam seperti apa pun.

Acara ini mampu menarik 88.000 pengunjung. Harapannya adalah publik sadar bahwa berita miring itu tidak benar. Dan kampanye ini efektif dalam mensosialisasikan "kebesaran" Mitsubishi Xpander. Buktinya adalah bahwa penjualan Xpander semakin ramping.

(mim)