Rays Wheels

memuat …

JAKARTA – Hari Perbelanjaan Nasional (harbolnas) akan diadakan untuk ketujuh kalinya. Jika tahun sebelumnya Harbulnas hanya diadakan satu hari, maka pelaksanaannya pada 2018 memiliki nuansa yang berbeda.

Untuk tahun ini, Harbolnas akan diadakan dalam dua hari, mulai dari 11-12 Desember 2018. Khusus untuk ke-11, Ketua Komite Harbolnas 2018, Indra Yonathan, mengatakan bahwa tahun ini mereka akan menyediakan hari istimewa untuk usaha mikro dan kecil

"Pada 11 Desember, itu adalah edisi khusus produk lokal. Pemain e-commerce akan membantu menjual produk lokal, dengan tema Shopping for the Nation," kata Indra di media briefing di Jakarta pada Selasa (11/13/2018). ).

Dia menjelaskan, akan ada roadshow di delapan kota untuk mengundang UMKM di wilayah tersebut untuk memasarkan produk mereka secara online. Untuk target transaksi, tahun ini ditargetkan mencapai Rp7 triliun.

Angka ini meningkat dari transaksi Harbolnas tahun sebelumnya yang mencapai Rp 4,7 triliun. "Tahun ini Harbolnas menargetkan nilai transaksi Rp7 triliun, meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu," katanya.

Pada tahun sebelumnya, pemain e-commerce yang hanya berpartisipasi dalam 254 tahun, tahun ini secara otomatis diikuti oleh lebih dari 300 e-commerce. "Jika dibandingkan dengan pelaksanaan awal Harbolnas pada 2012, hanya ada 6 peserta e-commerce. Padahal tahun ini jelas lebih banyak," kata Indra.

Pelaksanaan 2018 Harbolnas juga didukung oleh tiga kementerian, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Perindustrian. "Kami sangat menghargai mereka (UMKM), dengan menggunakan teknologi informasi untuk menjual untuk membantu pemain UMKM," katanya.

(mim)