Rays Wheels

KabarOto.com – Kinerja sektor otomotif PT. Astra International Tbk cenderung stagnan pada tahun 2018. Tercatat, laba bersih dari bisnis otomotif Grup Astra turun 4% menjadi Rp 8,5 triliun, terutama karena penurunan margin operasi. Meskipun ada peningkatan pada unit penjualan otomotif.

Penjualan mobil nasional meningkat 7% pada 2018 dibandingkan 2017 menjadi 1,15 juta unit. Penjualan mobil Astra naik 1% lebih tinggi menjadi 582.000 unit, tetapi karena meningkatnya persaingan, pangsa pasar Astra menurun dari 54% menjadi 51%.

Juga Dibaca: Mark 62 Tahun Perusahaannya, Astra Membangun Salah Satu Menara Tertinggi di Indonesia

Grup telah meluncurkan 18 model baru dan 7 model baru sepanjang 2018. Penjualan sepeda motor secara nasional meningkat 8% menjadi 6,4 juta unit. Penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) di pasar domestik meningkat 9% menjadi 4,8 juta unit, dengan pangsa pasar stabil sebesar 75%.

Grup telah meluncurkan 6 model baru dan 19 model yang diperbarui sepanjang 2018. PT Astra Otoparts Tbk (AOP), bisnis komponen otomotif Grup, melaporkan peningkatan laba
bersih 11% menjadi Rp611 miliar.

Hal ini disebabkan oleh peningkatan pendapatan dari meningkatnya kinerja penjualan pasar manufaktur otomotif (OEM / produsen peralatan asli) dan suku cadang (pasar REM / penggantian).