Rays Wheels

memuat …

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mendigitalkan informasi kesehatan, termasuk mendukung kampanye "Meningkatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat".

Penandatanganan kerja sama yang berlangsung minggu ini di Jakarta dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi dan Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih. "Kami berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah, melalui sejumlah kementerian, dalam mengimplementasikan fasilitas digital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyampaian informasi kepada masyarakat luas," kata Tri Wahyuningsih dalam siaran pers.

Lebih lanjut, katanya, ia memiliki teknologi dan kompetensi untuk kebutuhan tersebut. Sementara pemerintah memiliki program yang perlu segera disampaikan melalui pendidikan dan diseminasi. "Kami melihat Kementerian Kesehatan memiliki banyak program yang perlu segera disampaikan kepada masyarakat luas. Untuk alasan ini, digitalisasi sistem informasi adalah salah satu jawaban, mengingat perilaku orang-orang dalam mengakses informasi juga semakin digital," kata Tri Wahyuningsih.

Menurutnya, masalah kesehatan tentang apa pun cukup penting untuk segera diketahui oleh masyarakat luas. Di sisi lain, secara demografis, masyarakat juga mengalami pergeseran, di mana usia produktif kini semakin diisi oleh mereka yang tergabung dalam generasi digital. Jadi mereka mengakses lebih banyak informasi menggunakan sarana digital, seperti media sosial, media online, dan portal informasi lainnya melalui internet.

"Ini tidak hanya terjadi di daerah perkotaan, tetapi juga di daerah terpencil seiring dengan semakin meluasnya dan meningkatnya ketersediaan dan kualitas jaringan layanan data," katanya.

Untuk memenuhi harapan kedua belah pihak, XL Axiata akan melaksanakan sejumlah program dukungan, yaitu penyebaran informasi kesehatan terkait Program Gerakan Komunitas Hidup Sehat melalui saluran digital milik XL Axiata. Serta informasi pendidikan kesehatan terkait program offline ke publik (langsung) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan yang dijalankan oleh XL Axiata. Termasuk digitalisasi informasi ke dalam platform aplikasi digital.

Selain itu, XL Axiata juga mendukung program rutin tahunan dalam bentuk penyampaian informasi kesehatan yang relevan dengan saat puasa Ramadhan, Idul Fitri, termasuk terkait dengan kegiatan musiman yang pulang atau pulang. Informasi terkait mudik ini juga termasuk lokasi keberadaan pos mudik yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan dan instansi pemerintah sektor kesehatan lainnya di sepanjang rute mudik.

Untuk pendidikan dan sosialisasi Program Gerakan Hidup Sehat, XL Axiata akan mengadopsinya dalam modul pembelajaran Program Sisternet. Melalui Sisternet XL Axiata ini terus mendorong perempuan dari berbagai komunitas, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan, ke daerah terpencil, dalam memanfaatkan fasilitas digital untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup.

"Sisternet memiliki dua modul pembelajaran, yaitu digital melalui saluran www.sisternet.co.id dan tatap muka melalui Kelas Kesehatan. XL Axiata akan menggunakan dua saluran untuk mensosialisasikan Program Gerakan Komunitas Sehat," tutupnya.

(mim)