Rays Wheels

Memuat …

JAKARTA – Indosat Ooredoo dan Facebook meluncurkan Internet 1O1, kampanye nasional yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi internet seluler di Indonesia. Serta membantu pengguna internet pemula di Indonesia mendapatkan pengalaman yang optimal melalui berbagai pelatihan di cabang ritel Indosat Ooredoo dan toko-toko eksklusif, terutama di daerah pedesaan.

Kampanye ini adalah bagian dari program pilar Pendidikan CSR Indosat Ooredoo yang memiliki misi untuk mendukung pendidikan di Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi digital. "Internet memiliki kekuatan untuk menyalurkan suara publik dan membantu mereka menemukan dan berbagi pengetahuan, memperkuat ekonomi, dan mengembangkan masyarakat," kata Presiden Direktur & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Ahmad Al Neama di Jakarta, Selasa (10) / 15/2019).

Dia mengatakan dia bangga bekerja dengan Facebook di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran di kalangan pengguna internet pemula tentang peluang yang ditawarkan oleh internet. "Kampanye nasional ini membantu memperkuat upaya inklusi digital dan mendorong orang untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman," kata Ahmad Al Neama.

Data dari Laporan Ekonomi Seluler GSMA 2019 menunjukkan, penetrasi internet seluler diprediksi akan tumbuh sebesar 69% pada tahun 2025. Ini berarti bahwa ada 24 juta orang di Indonesia yang akan memasuki ranah online.

Namun masih ada kesenjangan digital antara penduduk di kota-kota besar dan daerah pedesaan. Sekitar 45% populasi tinggal di daerah pedesaan, yang lebih tinggi daripada negara-negara berkembang lainnya di Asia Pasifik, dan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan dapat membuat biaya pembangunan infrastruktur tinggi. Penelitian GSMA juga menunjukkan 97% populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel tinggal di daerah pedesaan.

Mencegah kesenjangan digital dan pemanfaatan internet membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. "Facebook selalu menantikan untuk bekerja dengan mitra lokal untuk mencapai inklusi internet, dan pada saat yang sama, menjaga komunitas yang aman dan memiliki informasi yang cukup untuk dapat terhubung dan berbagi secara online," kata Francisco Varela, VP Global Mobile Partnership Facebook .

Dia mengatakan, Facebook senang bekerja dengan Indosat dalam kampanye ini untuk mengambil keuntungan dari keahlian perusahaan. Sehingga mereka dapat membawa lebih banyak orang Indonesia ke dunia online, dan memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang berkualitas untuk tetap aman saat menggunakan teknologi dan platform digital.

Kampanye Internet 1O1 akan menjangkau jutaan konsumen Indosat Ooredoo di tahun berikutnya, tepatnya hingga 15 Oktober 2020 di seluruh Indonesia. "Tim kami akan membantu konsumen untuk menyediakan materi edukasi tentang internet. Konten tersebut dibuat menggunakan kurikulum MISTT GSMA," pungkasnya.

(meme)