Rays Wheels

Memuat …

ESPOR memang sebuah sedan yang sedang naik daun. Namun, Laporan Aplikasi Game Seluler: Tren Akuisisi Pengguna dan Benchmark 2019 dari Liftoff menunjukkan bahwa game kasual adalah pendorong utama pertumbuhan industri game. Game kasual (casual game) adalah game yang tidak terlalu rumit atau cara bermain yang bertele-tele sehingga bisa dimainkan kapan saja tanpa harus menunggu mood.

Jenis permainan ini adalah yang paling laris dan populer. Game kasual mendominasi industri game seluler dengan menghasilkan penjualan sebesar USD 3 miliar melalui pembelian dalam aplikasi (pembelian tidak dalam). Ini menandakan industri akan mampu mempertahankan jumlah konsumen dalam jangka panjang. Sebagai ilustrasi, game puzzle ini mampu menghasilkan peningkatan 34% dalam pendapatan dibandingkan tahun lalu.

Sementara game arcade hampir dua kali lipat pendapatannya dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun biaya tinggi yang terlibat dalam memperoleh pengguna baru, minat pengguna untuk terus bermain jauh melebihi biaya perolehan sebesar USD30,05 untuk setiap pengguna. Komponen penting dari pasar game kasual adalah segmen game kasual hyper, yang telah terbukti menjadi media yang menguntungkan dalam hal monetisasi.

Ini karena sifat permainan, yang pada prinsipnya dirancang untuk menghasilkan uang melalui penayangan iklan. Data dari perusahaan analitik aplikasi Apptopia mengatakan bahwa jumlah unduhan aplikasi game hiper-seksual mencapai hampir 630 juta dan menghasilkan pendapatan lebih dari USD53 miliar di seluruh dunia melalui pembelian dalam aplikasi.

Laporan Liftoff menunjukkan bahwa judul-judul game hyperkasual telah terbukti mampu menghasilkan segmen audiens baru tanpa harus mengambil alih audiens dari game lain. Didukung dengan data dari Aplikasi Annie, permainan hypercasual telah pindah ke segmen sasaran pemirsa yang tidak perlu mengidentifikasi diri mereka sebagai pesaing.

"Pasar game kasual saat ini mengalami peningkatan," kata Dennis Mink, VP Marketing, Liftoff. "Tren menunjukkan bahwa pengguna ini bersedia membayar, menggunakan aplikasi, dan tetap pada aplikasi, terutama dalam subkategori permainan yang menawarkan aliran permainan yang cenderung membentuk kebiasaan," kata Dennis.

Menariknya, industri permainan kasino sosial juga berhasil menghasilkan USD1,27 miliar dalam beberapa bulan pertama tahun 2018. Laporan Liftoff menunjukkan bahwa para pemain permainan kasino sosial cenderung menawarkan hadiah tinggi dan loyalitas pelanggan yang kuat. Meskipun permainan kasino sosial cenderung lebih populer di Barat daripada di Asia.

(mengenakan)