Rays Wheels

memuat …

JAKARTA – – Belanja online tampaknya semakin menjadi tren di kalangan masyarakat. Terutama setiap tahun pada tanggal tertentu yang digunakan sebagai tempat untuk diskon berskala besar.

Misalnya, 11.11 dan hari belanja online nasional (harbolnas) yang jatuh pada 12 Desember. Tampaknya kedua peluang ini ditunggu oleh pemburu diskon atau promo yang ditawarkan oleh platform belanja online.

Tetapi sebenarnya bagaimana orang-orang berpikir tentang festival belanja online ini?

SINDOnews mencoba untuk mengobrol dengan beberapa orang mengenai festival diskon ini, salah satunya adalah Muhammad Aga (24). Pria yang bekerja setiap hari di perusahaan swasta ini mengklaim bahwa sama sekali tidak tertarik pada festival belanja online.

Dia menjelaskan bahwa dia memiliki stigma bahwa setiap kali ada momen banjir yang didiskon seperti harbolnas dan 11.11 server pasti akan mengalami gangguan, yang menyebabkan transaksi menjadi sulit dilakukan.

"Jika itu masalahnya, pasti Anda akan sangat sibuk, ada terlalu banyak pengguna di server, pada akhirnya Anda tidak bisa mendapatkannya juga, itu akan menjadi malas sendiri, meskipun Anda bersiap-siap lebih awal" kata Aga.

Senada dengan Aga, Ira Fitriani (24) juga mengatakan hal yang sama, ia lebih memilih berbelanja online selama masa reguler daripada harus berjuang dan akhirnya tidak mendapatkan barang yang diinginkan selama periode festival belanja.

"Pada saat itu, saya menghabiskan belanja di festival diskon beberapa bulan yang lalu, saya hanya perlu membayar, cukup lihat di akun virtual tetapi saya tidak bisa, uh, tiba-tiba barang itu terjual habis," katanya.

Hal yang sama dibenarkan oleh Indra Yonathan, Country Head of Shopback Indonesia, yang menjelaskan bahwa salah satu kendala yang sering terjadi adalah situs e-commerce yang suka turun selama pesta diskon.

"Karena minat yang cukup besar dari masyarakat, kendala yang sering terjadi adalah situs e-commerce yang suka turun," kata Indra ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Sabtu (11/10/2018).

Selain itu, kata pria yang juga ketua Asosiasi Olahraga Nasional 2018, kendala lain adalah proses pengiriman barang lebih lama dari hari biasa. Namun dia yakin bahwa pelaku e-commerce memiliki cara untuk meningkatkan layanan mereka selama acara belanja.

(wbs)