Rays Wheels

KabarOto.com – Setelah 6 bulan yang lalu meluncurkan Fribut T8 7 yang bertenaga 710 di Geneva Motor Show 2019, Ferrari meluncurkan kembali F8 Spider di 2019 Frankfurt Motor Show. Ini adalah penerus dari 488 Spider, yang menurut Ferrari memiliki kinerja yang jauh berbeda.

Ferrari mengklaim bahwa terlepas dari desain baru dan teknologi tambahan, bobot kendaraan ini 20 kg lebih ringan dari model pendahulunya Ferrari 488 Spider, tetapi beratnya 20 kg dibandingkan dengan Ferrari 488 Spider Pista, yang mengkhususkan diri dalam trek balap.

Sebagai mobil sport, Ferrari memberinya mesin Twin-Turbo V8 yang diambil dari 488 Spider Pista. Harap dicatat, mesin ini memenangkan International Engine of the Year Award, menang empat kali berturut-turut mulai tahun 2016 hingga 2019.

Mesin V8 yang dibawanya mampu menghasilkan 710 hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 770 Nm pada 3.250 rpm. Tenaga mesin ditransfer ke roda belakang, melalui transmisi F1 dual-clutch 7-speed.

Baca juga: Perjalanan dan Prestasi Michael Schumacher: Dominasi dengan Ferrari

Ferrari mengklaim, tenaga mesin yang dihasilkan mampu membawa mobil berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 kpj hanya dalam 2,9 detik. Sementara itu, untuk berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 200 kpj, selesai dalam 8,2 detik. Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai adalah 340 kpj, angka ini lebih baik daripada model pendahulunya yang memiliki kecepatan tertinggi 325 kpj.

Akselerasi luar biasa ini dapat dicapai berkat bobot kendaraan yang lebih ringan, dan paket aerodinamis versi 6.1 Side Slipe Angle Control System.

Baca juga: Ini adalah Video dari Ferrari SF90 Stradale

Selain bobotnya yang ringan dan mesin yang kuat, akselerasinya lebih kencang berkat lubang kisi udara yang digeser dari pinggul ke belakang, dan terhubung langsung ke kisi pleno.

Seperti Triturbo F8, Ferrari masih memberikan F8 Spider dengan teknologi kinerja terbaru dari Ferrari, termasuk diferensial selip elektronik terbatas dan kontrol selip samping. Jangan lewatkan versi teknologi baru dari Ferrari Dynamic Enhancer (FDE +).

Teknologi FDE + dari Ferrari berfungsi untuk mengatur tekanan rem di setiap caliper, untuk mengoptimalkan traksi masuk dan keluar sudut. Fitur ini dapat diaktifkan saat dalam posisi mode RACE.

Di sisi lain, ada fitur Peluncuran Kinerja Adaptif, yang berfungsi untuk memberikan akselerasi lebih cepat dan instan, dengan mengoptimalkan torsi dan mengurangi selip roda dengan menggunakan kontrol elektronik.

Baca juga: Jaguar F-Pace 3.0 R-Sport Test Drive, Menawarkan Kepraktisan dan Rasa Mengendarai Olahraga yang Tinggi

Untuk memenuhi persyaratan undang-undang emisi Eropa yang lebih ketat, Ferrari memasang Gasoline Particulate Filter (GPF) baru di selokannya, untuk memenuhi persyaratan homologasi ini.

Sayangnya, Ferrari belum memberikan informasi resmi mengenai harga dan informasi penjualan untuk model F8 Spider ini, termasuk di pasar otomotif Indonesia. (Nora Dian Pratama)

Spesifikasi data:

Mesin: V8, Twin-turbo
Kapasitas 3.902 cc
Daya: 710 dk @ 8.000 rpm
Torsi: 770 Nm @ 3.250 rpm
Transmisi: 7-speed dual-clutch gearbox F1
Dimensi (PxLxT): 4.611 x 1.979 x 1.206 mm
Jarak sumbu roda: 2.650 mm
Berat Kering: 1.400 kg
Kapasitas bahan bakar: 78 liter
Ban: 245 / 35ZR20 J9.0 (depan), 305 / 30ZR20 J11.0 (belakang)
Rem: 398 x 223 x 38 mm (depan), 360 x 233 x 32 mm (belakang)