Rays Wheels

KabarOto.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM) bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), mempresentasikan hasil uji jalan B30 Biodiesel yang digunakan pada kendaraan bermesin diesel.

Akibatnya, tidak ada perbedaan signifikan dalam kinerja kendaraan menggunakan bahan bakar B30 dibandingkan dengan B20 yang telah dilaksanakan sejauh ini.

Baca Juga: Uji Coba PPKS Kijang Innova Menggunakan 50% Palm Biodiesel

"Sejauh ini hasil uji jalan B30 tidak menunjukkan perbedaan kinerja yang signifikan ketika kendaraan menggunakan bahan bakar B30 dan B20," jelas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM Dadan Kusdiana, selama sosialisasi road show B30 di Mineral dan Batubara "Tekmira" Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi, Bandung, Kamis. (8/29).

Sejauh ini hasil uji jalan B30 tidak menunjukkan perbedaan kinerja yang signifikan

Dia mengatakan kendaraan yang menggunakan bahan bakar B30 menghasilkan tingkat emisi yang lebih rendah.
Sebelumnya, tes jalan dilakukan dengan membandingkan kinerja sebelum dan sesudah penggunaan B30 dan B20 pada 8 unit kendaraan dengan tonase di bawah 3,5 ton dengan jarak 50 ribu km. Sementara itu, kendaraan dengan tonase lebih dari 3,5 ton dijalankan pada 3 unit kendaraan dengan jarak 40 ribu km.

Dadan menambahkan, parameter yang diukur selama uji jalan adalah konsumsi bahan bakar, daya, emisi, kemampuan mulai dalam kondisi dingin, kualitas bahan bakar dan pelumas. Dia mengatakan, salah satu output dari aktivitas uji jalan adalah bahwa pengguna dan industri otomotif dapat menerima B30 wajib.

"Saat ini tes jalan B30 telah berjalan sekitar 70 persen dan tidak ada keraguan itu akan dilaksanakan pada Januari 2020," katanya.

Baca Juga: Tanggapan Pengusaha Bus terhadap Penggunaan Bio Diesel B50 yang Direncanakan

Aprobi membuat penyesuaian pada komposisi bahan bakar, sementara Gaikindo membuat sejumlah perubahan pada komponen mesin kendaraan. "Semua pihak yang terlibat secara terbuka mengawasi pengujian, seperti pengujian di Dieng, Jawa Tengah. Di mana pengujian bisa dilihat langsung," jelasnya.