Rays Wheels

Memuat …

JAKARTA – Menjelang akhir tahun akan ada banyak pesta belanja di industri online yang dirayakan secara bergantian setiap bulan. Biasanya, pesta ini berlangsung dari September hingga Desember dan jatuh pada tanggal yang indah. Sebut saja 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12.

Pesta belanja ini tentu telah ditunggu karena memberikan kesempatan untuk berbelanja untuk berbagai kebutuhan dan barang impian dengan harga yang diklaim rendah. Jika Anda kehabisan dan terlambat di pesta belanja 9,9, masih akan ada pesta belanja 10,10 segera hadir pada bulan Oktober.

"CupoNation berkolaborasi dengan Shopee untuk membantu konsumen mengetahui lebih banyak tentang pesta belanja online yang dirayakan di Indonesia," kata Olivia Putri, Spesialis Pemasaran & Pemasaran CupoNation.

Berdasarkan volume pencarian kata kunci 10,10 di 2016-2018, ada peningkatan yang signifikan, di mana volume pencarian di 2017 mengalami peningkatan tajam 58,24% lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Tahun lalu hasil volume pencarian meningkat lagi, yaitu 9% lebih tinggi dari hasil volume pencarian pada tahun 2017.

Ini berarti bahwa jumlah orang yang tertarik pada pesta belanja 10,10 di Indonesia meningkat dan popularitasnya meningkat. Dari data yang dikumpulkan oleh Shopee, ada beberapa hal menarik tentang perbandingan pesta belanja online di puncak kampanye dari beberapa pesta belanja yang diadakan tahun lalu.

"Jumlah kunjungan oleh pengguna platform Shopee e-commerce di pesta belanja online di Indonesia adalah 14,29% lebih tinggi selama Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional)," kata Olivia.

Setidaknya ada dua momentum pesta belanja online yang telah menyerap antusiasme masyarakat Indonesia tahun lalu. Keduanya adalah 11.11 pesta belanja atau juga dikenal sebagai "hari tunggal", serta 12.12 pesta belanja atau disebut "Harbolnas".

Selama perayaan 2 pesta belanja online terbesar, 11.11 yang diadakan pada 11 November dan 12-12 pada 12 Desember 2018, jumlah kunjungan ke platform e-commerce Shopee mencapai 42 juta pengunjung pada hari tunggal dan 48 juta pengunjung di Harbolnas . Jadi dapat disimpulkan bahwa, pada puncak kampanye pesta belanja online 12.12 jumlah kunjungan platform e-commerce Shopee adalah 14,29% lebih tinggi daripada pesta belanja online 11.11.

Dalam 1 menit jumlah produk Shopee yang terjual mencapai 74.000 produk di pesta belanja online tahun lalu. Dalam datanya, Shopee juga mengungkapkan fakta menarik tentang jumlah produk yang terjual dalam 1 menit selama puncak kampanye pesta belanja online 11.11 dan 12.12.

"Selama pesta belanja online, jumlah produk yang berhasil terjual mencapai 58.000 produk pada hari lajang dan 74.000 produk di Harbolnas. Itu berarti, jumlah produk yang terjual dalam 1 menit selama puncak pesta belanja online Harbolnas adalah 27% lebih tinggi daripada Singles hari, "katanya.

Produk kecantikan adalah kategori yang paling dicari pada hari Single, tetapi ponsel dan aksesori mendominasi Harbolnas. Ada sedikit perbedaan dalam kategori yang paling populer selama acara Single dan Harbolnas.

Shopee juga menambahkan bahwa Xiaomi adalah merek paling populer di Harbolnas tahun lalu. Ini dapat menunjukkan apakah Shopee memberikan promo yang lebih tinggi untuk kategori ponsel dan aksesori, terutama pada merek Xiaomi.

(meme)