Rays Wheels

KabarOto.com – Bridgestone Corporation, bersama dengan Laboratorium Program Pascasarjana Ilmu Pengetahuan Frontier Fujimoto di Universitas Tokyo, mengumumkan perluasan program penelitian dan pengembangan untuk sistem pengisian nirkabel praktis pada roda bermotor yang dipasang pada kendaraan listrik (EV).

Proyek ini juga bertujuan mengurangi CO2. Di Jepang, total emisi CO2 sebesar 1.227 juta ton per tahun, 15% (184,5 juta ton per tahun) disebabkan oleh emisi dari mobil. Karena itu, pabrikan mobil di seluruh dunia telah mempromosikan pengembangan kendaraan listrik.

Sehubungan dengan tren ini, diharapkan peraturan tentang emisi CO2 dari mobil akan dikeluarkan pada tahun 2020.

Dalam proyek penelitian dan pengembangan ini, Universitas Tokyo bertanggung jawab untuk perumusan dan pengujian konsep pengisian listrik nirkabel selama berjalan yang terjadi pada motor yang terletak di roda kendaraan.

Juga Baca: Bridgestone Memperkenalkan Potenza S007A, Ban Sport untuk Semua Kondisi Jalan

NSK akan mengawasi pengembangan sepeda motor di bagian-bagian roda yang lebih mudah dimasukkan ke dalam kendaraan dengan memanfaatkan teknologi yang dikembangkan melalui proyek-proyek motor roda sebelumnya.

Jadwal masa depan untuk proyek ini meliputi desain, prototipe, dan verifikasi sepeda motor di atas roda sampai akhirnya produksi kendaraan listrik yang sudah dilengkapi dengan motor ini. Selanjutnya, fase pengujian verifikasi ditargetkan untuk tahun 2025.

Sementara Bridgestone akan memimpin proses pengembangan ban untuk menciptakan pasokan listrik yang sangat efisien ke roda motor saat pengisian menggunakan teknologi material pada ban.

University of Tokyo, NSK, dan Bridgestone telah sepakat untuk membangun paten dasar terkait dengan proyek ini.