Rays Wheels

KabarOto.com – Bisa dibilang, mur roda (mur lug) adalah salah satu komponen terpenting dari a mobil. Bagaimana tidak, mesin mobil menghasilkan tenaga yang begitu kuat, kemudian disalurkan ke roda yang hanya dikunci dengan 4 atau 5 kacang.

Bayangkan, seberapa berat kerja kacang itu, dan apa yang terjadi jika mur yang digunakan tidak tepat, baik bentuk maupun materinya. Lalu bagaimana pilih baut benar, terutama jika mobil sudah menggunakannya pelek racing, yang tentunya lebih menarik dengan penggunaan baut aftermarket.

"Dari bentuknya, ada 3 jenis mur roda, acorn pertama, bola dan datar," kata Wibowo Santosa dari Empress Ban. Biasanya, setelah mengganti pelek banyak pemilik mobil yang tidak sadar, bahwa bentuk lubang mur / baut di pelek tidak sesuai dengan mur / baut yang digunakan.

Jenis mur roda

"Banyak yang tidak sadar, jadi bautnya tidak mengunci dengan benar," jelas pria yang akrab disapa Bowo kepada KabarOto. Jadi, jika pemilik mobil telah membuat perubahan pelek, dianjurkan untuk mengganti mur lug yang cocok dengan lubang di pelek.

Baca Juga: Ayo! Kenali Pengertian dan Oversteer, dan cara mengatasinya

Ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelek terkunci dengan sempurna dan juga tidak rusak karena penggunaan mur roda yang tidak sesuai.

"Bisa dibayangkan jika mur jenis bola dipasang di lubang tipe acron, tentu saja area sentuh antara pelek dan mur kurang, sehingga menimbulkan celah," kata Bowo, yang berbasis di Mahakam, Jakarta Selatan.

Ilustrasi saat mengunci pelek

Kesenjangan ini perlu ditutupi oleh mur yang memiliki sudut meruncing (akron) sehingga pelek tidak bergerak ketika mendapat beban dan berputar.

Sedangkan tipe datar (flat seat), dianggap memiliki tingkat presisi yang tinggi karena area sentuh antara pelek dan roda lebih lebar, sehingga membutuhkan mur / baut yang tepat. "Tipe flat ini dapat ditemukan di Range Rover dan beberapa tipe Toyota," kata Bowo.

Selain bentuknya, pemilihan mur roda aftermarket juga harus memperhatikan materi. Saat ini, ada banyak mur roda aftermarket yang terlihat oleh mata yang memiliki penampilan menarik, tetapi dibuat dengan material yang buruk, membuatnya rentan terhadap slek ketika dibuka nanti.

Mur dan baut aftermarket berkualitas tinggi untuk kebutuhan balap

"Itulah mengapa baut / mur saat ini sedang dijual terbuat dari bahan berkualitas seperti duralumin eksotis. Tujuannya bukan hanya gaya, tetapi juga fungsinya," tutup Bowo.

Yang paling banyak beredar, termasuk OEM, terbuat dari besi / baja. Ini tentu saja yang terkuat, hanya yang paling sulit dan paling rentan karat. Ada juga aluminium, sangat ringan, tetapi untuk kualitas rendah, misalnya, dibuat oleh TW, seringkali drat tidak kuat, bahkan bisa membuat slek.

Baca Juga: Cara Sederhana Merawat Busi di Rumah

Aluminium kemudian dikembangkan oleh banyak merek dengan bahan yang lebih kuat, seperti Duralium atau Duralumin dan secara luas digunakan untuk tujuan balap.