Rays Wheels

memuat …

BEIJING – Pernah dengar perayaan 11.11 atau apa yang sering disebut Single Day? Ya, acara 11.11 ini adalah Global Shopping Festival yang digagas oleh Alibaba pada tahun 2009.

Pesta diskon ini sebenarnya mirip dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diadakan di Indonesia setiap 12 Desember di Indonesia.

Single Day sendiri adalah tradisi yang berasal dari Cina di mana setiap 11 November, orang-orang muda yang tidak memiliki pasangan merayakan single mereka dengan berbelanja secara intensif karena banyaknya promosi yang diadakan di e-commerce dan pasar.

Tahun lalu melalui festival 11.11 ini, Grup Alibaba menghasilkan laba volume perdagangan bruto (GMV) sebesar USD 25,3 miliar atau sekitar Rp 372 triliun. Angka ini naik sekitar 39 persen dibandingkan tahun 2016.

Padahal ketika pertama kali diadakan pada tahun 2009, festival diskon 11.11 hanya membawa GMV sebesar USD 7.8 juta atau sekitar Rp. 114 juta.

"Tahun ini menandai ulang tahun ke 10 11.11. Di balik transformasi digital eksplosif di China, pertumbuhan luar biasa selama dekade terakhir telah didukung oleh pertumbuhan kualitas yang stabil yang dicari oleh pembeli Cina," kata CEO Alibaba Group, Daniel Zhang dari ZDnet. Pada hari Jumat (11/09/2018).

Lebih lanjut, Zhang mengatakan bahwa evolusi ini juga menunjukkan perkembangan ekosistem Alibaba dari waktu ke waktu yang telah berkembang jauh melampaui e-commerce lainnya.

Ketika acara hari pertama diadakan hanya ada 27 pedagang, sementara tahun ini akan ada 180.000 merek dan 200.000 toko offline yang berpartisipasi dalam acara belanja dari ekosistem Alibaba di China dan di seluruh dunia.

(wbs)