Rays Wheels

KabarOto.com – Menyambut usia 30 tahun, Acura kembali menampilkan mobil ikoniknya, generasi pertama Acura NSX yang pertama kali diluncurkan pada tahun1989. Mobil ditampilkan berdampingan dengan generasi terbaru dari Acura NSX, pada pameran 2019 Chicago Auto Show yang berlangsung 9-18 Februari 2019.

Baca Juga: Honda Membocorkan Interior Mobil Listrik yang Akan Diluncurkan

Kehadiran NSX generasi pertama yang diprediksi akan menjadi lawan tangguh bagi Ferrari, sekaligus mengulangi debut pertamanya di gelar yang sama pada 1989 lalu.

Dikembangkan bersama Aryton Senna

Saat menoleh ke belakang, membuat mesin mid mobil Honda ini memang sangat istimewa. Honda mengklaim bahwa NSX dibuat dengan menawarkan kinerja tinggi tetapi tetap mempertahankan kenyamanan dan kemudahan penggunaan Honda.

Desain lampu adalah tren di zamannya, mirip dengan Ferrari Testarossa

NSX juga merupakan mobil sport yang menggunakan sasis aluminium monocoque pertama di dunia, dan dikembangkan dengan masukan dari pembalap F1 Brasil legendaris Ayrton Senna.

Senna, mengatakan bahwa dengan menggunakan sasis aluminium, itu akan meningkatkan kekakuan mobil hingga 50%. Mobil itu juga diuji di sirkuit Suzuka Jepang, dan hasilnya lebih stabil ketika dikontrol.

Mesin VTEC

Untuk bagian-bagian mesin, NSX generasi pertama telah mengalami beberapa peningkatan. Pengembangan Acura NSX pertama kali dilakukan pada Januari 1984 menggunakan mesin SOHC 4 silinder. Tidak lama kemudian, mesin itu diganti lagi untuk menghasilkan tenaga lebih.

Interior NSX lama, masih terlihat modern

Akhirnya, di bawah penelitian Tadashi Kume yang menjabat sebagai presiden Honda pada waktu itu, ia menanamkan teknologi VTEC di NSX.

Interior NSX baru

Alhasil, mesin dengan kapasitas 3.06 hp 3.0 liter yang disedot V6 secara alami dapat menghasilkan tenaga 270 hp. Karena mesin VTEC V6 memiliki ukuran besar, desain NSX sedikit berubah menjadi lebih panjang dan lebih luas.

Baca Juga: Honda Brio Akan Punah di Tanah Hindustan

Saat ini, NSX terbaru tampak sangat berbeda dari pendahulunya, baik desain dan teknologi yang dibawanya. Mobil Sport, juga dikenal sebagai Acura NSX, sekarang menggunakan mesin V6 twin-turbocharged 3.5-liter, yang dikombinasikan dengan motor listrik (hybrid) untuk menghasilkan tenaga 573 hp.

Mana yang lebih dingin?

Tenaga besar disalurkan ke empat roda melalui transmisi kopling ganda 9-percepatan (9 DCT), dan hadir dengan empat mode pilihan. Yaitu Quiet, Sport, Sport + dan Mode Track.

NSX generasi terbaru juga menggunakan campuran yang menggunakan aluminium, baja, dan serat karbon dalam konstruksinya, bersama dengan peredam magnetorheologis.